Minggu, 05 Februari 2012





AHLI TEMUKAN "UDANG RAKSASA"
Ekspedisi para ilmuwan Inggris ke bagian terdalam samudera berhasil menemukan banyak spesies. Salah satu spesies temuan adalah ‘udang’ raksasa ini. Tim ahli dari University of Aberdeen ini menemukan udang raksasa yang masuk dalam golongan hewan Crustacea ditemukan di palung laut sedalam 7 kilometer di perairan Selandia Baru.

Makhluk yang ditemukan disebut "supergiant". Hewan ini masuk dalam ordo Amphipoda, kelompok hewan Crustacea yang tak punya karapas dan memiliki kaki dada (thorax) hampir serupa.

Amphipoda memiliki bentuk serupa udang. Biasanya, hewan ini hanya berukuran 2-3 cm. Namun, supergiant yang ditemukan di Palung Kermadec ini berukuran 34 cm, 10 kali lebih besar.

“Awalnya kami mencari siput laut yang terakhir muncul pada 1950-an. Alih-alih mendapatkannya, kami menemukan udang raksasa ini. Ini mirip seperti menemukan kecoa yang ukurannya sebesar kaki,” kata pemimpin ekspedisi Alan Jamieson. Selain menemukan udang ini, tim ilmuwan ini juga mendapat tujuh spesimen baru dan sembilan spesies yang hanya tertangkap kamera saja. (KFBAS-Vey/Dailymail)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar